PERTANYAAN UMUM

 

(Q) Question: Apakah Indonesia Digital Society Award (IDSA)?

(A) Answer: Indonesia Digital Society Award (IDSA) adalah ajang penghargaan untuk Pemerintah Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia mengenai penerapan dan pembangunan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kota/Kabupatennya.  

Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil riset oleh MarkPlus Insight (Unit Bisnis Riset dari MarkPlus.Inc) kepada beberapa pihak, yakni:

    1. Pemerintah Kota/Kabupaten, terdiri dari : Bupati, Walikota, dan beberapa SKPD
    2. Lembaga Pendidikan
    3. Lembaga Pelayanan Kesehatan
    4. Horeca (Hotel, Restaurant, Cafe, dan Catering) dan UMKM Pariwisata
    5. Masyarakat

Ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh MarkPlus.Inc dengan dukungan penuh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM). Penyelenggaraan IDSA ini sudah dua kali diadakan oleh MarkPlus, Inc. Penyelenggaraan IDSA pertama kali diadakan tahun 2013.

 



(Q) Apa tujuan diadakannya IDSA?

(A) Answer: Untuk memetakan, mengukur dan mengapresisasi kota-kota dan kabupaten-kabupaten di Indonesia terkait kesiapan memasuki era digital. Selain itu, juga sebagai salah satu upaya meningkatkan penggunaan Teknologi, Komunikasi dan Informasi (TIK) di tiap Kota/Kabupatennya.

 

(Q) Ada berapa kategori penghargaan dalam IDSA?

(A) Answer: Penghargaan IDSA 2015 secara umum dibagi dalam 2 kategori besar yaitu Government dan Overall Society dengan 6 jenis penghargaan.

Government adalah evaluasi terhadap pihak Pemerintah Kota/Kabupaten yang dilakukan berdasarkan pengisian Angket Potret Digitalisasi yang dikirim kepada seluruh Pemerintah Kota/Kabupaten di Indonesia.


Penghargaan akan dibagi menjadi dua, yakni untuk kelompok Pemerintah Kota dan Kabupaten.

  • Kelompok Pemerintah Kota: Penghargaan untuk Pemerintah Kota di seluruh Indonesia mengenai penerapan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) di ruang lingkup Pemerintahan Kota.
  • Kelompok Pemerintah Kabupaten: Penghargaan untuk Pemerintah Kabupaten di seluruh Indonesia mengenai penerapan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) di ruang lingkup Pemerintahan Kabupaten.  



Overall Society adalah evaluasi terhadap kelima pihak (Pemerintah Kota/Kabupaten, Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelayanan Kesehatan, Horeca dan UMKM Pariwisata, dan Masyarakat) yang dilakukan melalui Computer Aided Telephone Interview (CATI) kepada 110 Kota/Kabupaten.

Kategori Government dinilai berdasarkan pengisian Angket Potret Digitalisasi oleh Pihak Pemerintah Daerah Tingkat II seluruh Indonesia. Adapun 6 jenis penghargaan yang diberikan yaitu :

1. THE BEST OF THE BEST (From previous champions (unggulan) district/city, IDSA 2013 and/or

    2014 winners)

2. THE BEST OF THE BEST (The new champions from the current district/city category)

3. THE BEST INTEGRATED E-GOVERNMENT

4. THE BEST IN E-HEALTH

5. THE BEST IN E-EDUCATION

6. THE BEST IN E-TOURISM


Tidak semua kota/kabupaten di Indonesia bisa dilibatkan dalam survei kategori ini. Penentuan kota dan kabupaten terpilih berdasarkan kepadatan penduduk di suatu daerah dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta masukan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dan PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM). Terdapat 60 kota dan 50 kabupaten terpilih yang akan disurvei. Survei melalui CATI ini akan melibatkan sekitar 8.250 responden.

Penghargaan akan dibagi menjadi dua, yakni untuk kelompok Pemerintah Kota dan Kabupaten.

Kelompok Pemerintah Kota: Penghargaan untuk Pemerintah Kota mengenai penerapan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) di ruang lingkup Pemerintahan Kota, Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelayanan Kesehatan, Horeca dan UMKM Pariwisata, dan Masyarakat. Sebanyak 60 kota akan bersaing untuk memperebutkan penghargaan ini.


Kelompok Pemerintah Kabupaten: Penghargaan untuk Pemerintah Kabupaten mengenai penerapan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) di ruang lingkup Pemerintahan Kabupaten, Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelayanan Kesehatan, Horeca dan UMKM Pariwisata, dan Masyarakat. Sebanyak 50 kabupaten akan bersaing untuk memperebutkan penghargaan ini.



(Q)  Apa yang menjadi parameter penilaian IDSA 2014?

(A) Answer: Penilaian terhadap Kota/Kabupaten dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui Angket Potret Digitalisasi dan CATI, paramater yang dinilai adalah sebagai berikut :

 

No

Angket Potret Digitalisasi

CATI

1

Initiative (bobot 10%)

Penilaian terhadap perencanaan ICT.

Initiative

Penilaian terhadap perencanaan ICT.

2

Leadership (bobot 10%)

Penilaian terhadap upaya perwujudan rencana ICT tersebut.

Leadership

Penilaian terhadap upaya perwujudan rencana ICT tersebut.

3

Usership – Connectivity (bobot 35%)

Penilaian terhadap tingkat penetrasi internet.

Usership – Connectivity

Penilaian terhadap tingkat penetrasi internet.

4

Usership – Behavior (bobot 10%)

Penilaian terhadap perilaku penggunaan internet.

Usership – Behavior

Penilaian terhadap perilaku penggunaan internet.

5

Ushership – Content Application

(bobot 15%)

Penilaian terhadap penggunaan aplikasi/software.

Ushership – Content Application

Penilaian terhadap penggunaan aplikasi/software.

6

Ushership – Productivity (bobot 10%)

Penilaian terhadap pengelolaan Kota/Kabupaten dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

-

7

Benefit (bobot 10%)

Penilaian terhadap manfaat yang dinikmati dalam menggunakan internet.

Benefit

Penilaian terhadap manfaat yang dinikmati dalam menggunakan internet.

8

Kondisi Daerah di Masa Depan

(Micro Demand)

Penilaian terhadap cita-cita, harapan serta hambatan Kota/Kabupaten dalam upaya pengembangan kondisi masyarakat.

Profil Lembaga Pendidikan, Pelayanan Kesehatan, Horeca dan UMKM Pariwisata, dan Masyarakat

 

 

(Q) Bagaimana cara mengikuti survey IDSA?

(A) Answer:

  • Kategori Government: Seluruh kota dan kabupaten di Indonesia akan dikirimkan kuesioner “Angket Potret Digitalisasi” melalui pos surat/email/fax. Kemudian Pemerintah Kota/Kabupaten akan mengisi dan mengirimkan balik ke panitia IDSA melalui surat/email/fax. Atau bisa juga mengisi kuesioner “Angket Potret Digitalisasi” secara online melalui website www.idsa.co.id
  • Kategori Overall Society:110 Kota/Kabupaten akan disurvei melalui Computer Aided Telephone Interview (CATI) terhadap lima pihak (Pemerintah Kabupaten/Kota, Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelayanan Kesehatan, Horeca dan UMKM Pariwisata, dan Masyarakat).

 


(Q) Kapan dan dimana acara Awarding Ceremony akan diadakan?

(A) Answer: Para pemenang dari masing-masing kelompok Pemerintah Kota dan Kabupaten dari tiap kategori (Government dan Overall Society) akan diundang untuk mempresentasikan pencapaian Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerahnya pada tanggal 6 Mei 2015 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, sebagai bagian dari event Jakarta Marketing Week  (6 – 12 Mei 2015).

 

(Q)  Mengapa Kota/Kabupaten kami yang terpilih untuk kategori Overall Society dalam IDSA?

(A) Answer: Tidak semua Kota/Kabupaten di Indonesia bisa dilibatkan dalam survei kategori ini. Penentuan Kota dan Kabupaten terpilih berdasarkan kepadatan penduduk di suatu daerah dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta masukan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dan PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM). Terdapat 60 Kota dan 50 Kabupaten terpilih yang akan disurvei. Survei melalui CATI ini akan melibatkan sekitar 8.250 responden.

  

(Q) Apa keuntungan mengikuti survey IDSA 2015?

(A) Answer:  Dengan mengikuti survey ini berarti Pemerintah Kota/Kabupaten ikut terlibat membantu meningkatkan penerapan Teknologi, Informasi dan Komunikasi di daerah masing-masing. Sekaligus juga mendukung program Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menghadapi era ekonomi digital tahun 2016.

Para pemenang IDSA akan diundang pada Awarding Ceremony pada tanggal 6 Mei 2015 sebagai bagian dari Jakarta Marketing Week yang akan diselenggarakan di Grand Atrium mal Kota Kasablanka, Jakarta. Menurut rencana penghargaan akan diberikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bapak Ir. Rudiantara, MBA dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Bapak Tjahjo Kumolo, SH.
 


(Q) Mengapa daerah Kami ikut berpartisipasi dalam IDSA, apakah bersifat wajib?

(A) Answer:  Keikutsertaan dalam ajang penghargaan ini bersifat sukarela, namun diharapkan untuk seluruh Kota/Kabupaten ikut berpartisipasi secara aktif. Mengingat IDSA 2015 ini didukung dan direstui oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, IDSA juga diharapkan momentum untuk meningkatkan pembangunan internet di Kota/Kabupaten seluruh Indonesia.

 

(Q) Siapakan yang bisa dihubungi terkait dengan penyelanggaraan IDSA?

(A) Answer:  Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan menghubungi panitia IDSA melalui:

1. Christian M Marpaung di 021-57902338 ext 504 atau HP di 0811 1122 483

2. Nurul Khasanah di 021-57902338 ext 512 atau HP di 0813 1446 7150  

3. Bhakti Eko Nugroho di 021-57902338 ext 509 atau HP di 0812 8023 0914  

 

EightyEight@Kasablanka 8th Floor, Jl. Casablanca Raya Kav.88 Jakarta 12870, Indonesia

+62 21 5790 2338          +62 21 5790 5728          panitia@idsa.co.id

Copyright © 2014 Indonesia Digital Society Award. All Right Reserved.