Berita IDSA

Tekad Banyumas Bangun Pendidikan Lewat TIK

 

Kabupaten Banyumas dengan percaya diri memproklamirkan menjadi Kota Pendidikan, khususnya untuk daerah Jawa Tengah bagian Barat. Tentu saja, tidak hanya tekad yang dimiliki darrah ini, namun juga modal yang kuat untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah jumlah perguruan tinggi negeri dan swasta yang jumlahnya mencapai 27 buah.

"Banyumas menjadi daerah tujuan pendidikan bagi orang-orang yang berasal dari Jawa Barat dan Jakarta. Jumlah mahasiswa asal dua daerah tersebut cukup besar dan terus bertumbuh tiap tahunnya," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Purwadi Santosa, di acara IDSA 2015.

Ia menambahkan dengan jumlah PTN dan PTS yang cukup banyak ini, Purwokerto menjadi alternatif setelah Semarang dan Solo. Selain itu, Purwokerto, ibukota Banyumas, adalah kota ketiga terbesar di Jateng. Dan, terbesar di Jateng bagian Barat.

Tidak saja dalam junlah perguruan tinggi, fasilitas Teknologi Infornasi dan Komunikasi (TIK) di wilayah ini juga sudah mendukung. Saat ini, coverage internet sudah mencapai 76% dari total luas wilayah Banyumas. "Targetnya, di tahun ini cakupan internet bisa mencapai 100%," tambahnya.

Jumlah hotspot di sekolah dan perguruan tinggi juga terus bertambah. Saat ini, untuk perguruan tinggi sudah ada 59 titik, sekolah 303 titk, dan publik 21 titik. Daerah ini juga sedang bersiap membangun jaringan optik pita lebar, sehingga meningkatkan kualitas internet.

Tifak hanya itu, ntuk mendukung dan mengembangkan kreativitas, Banyumas memiliki Banyumas Creative Center. Tempat ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Banyumas dengan Telkom Indonesia. Tujuannya, mencari dan mengembangkan potensi orang-orang Banyumas di bidang TIK. "Selain masyarakat umum yang sudah terlibat di situ, kami juga berencana mengumpulkan anak-anak jenius Banyumas untuk kami latih di Banyumas Creative Center," pungkas Purwadi

comments powered by Disqus

EightyEight@Kasablanka 8th Floor, Jl. Casablanca Raya Kav.88 Jakarta 12870, Indonesia

+62 21 5790 2338          +62 21 5790 5728          panitia@idsa.co.id

Copyright © 2014 Indonesia Digital Society Award. All Right Reserved.